PERTEMUAN 1

PENGENALAN KOMPUTER





1. Definisi Komputer

        Komputer adalah alat teknologi atau elektronik yang dapat menginput data, memproses data, dan menghasilkan output berupa informasi. Fungsi komputer dari tahun ke tahun selalu berkembang, tidak hanya sebagai alat untuk menghitung saja. Secara umum, komputer memiliki ciri-ciri yaitu kumpulan dari beberapa alat elektronik yang digabungkan, dapat menginput, memproses, dan menyimpan data, serta dapat menghasilkan informasi sesuai permintaan dari pengguna.

    Menurut beberapa pakar, seperti Donald. H. Sanders, Robert. H. Blissmer, dan Gordon B. Davis, komputer dapat diartikan sebagai alat elektronik yang dapat melakukan manipulasi data dengan cepat dan tepat, menerima masukan (input), memprosesnya dengan instruksi yang sudah diberikan, dan menghasilkan output berupa informasi. Komputer juga memiliki tiga hal utama di dalamnya, yaitu alat masukan (input device) seperti keyboard, mouse, dll, alat pemroses data (processor), dan alat keluaran (output device) seperti printer, speaker, dan monitor.

2. Generasi Komputer dari Tahun ke Tahun

        Pada setiap perkembangan komputer, dapat dilihat dari bentuk, kegunaan, tampilan dan prosedur-prosedur yang dapat dilakukan. Jika pada komputer generasi pertama menjadi penemuan awal dari sebuah tabung yang hampa udara sebagai alat penguat jaringan atau sinyal, lalu pada generasi berikutnya mulai ditemukannya suatu transistor yang dapat digunakan sebagai alat menstabilkan tegangan listrik, kemudia pada komputer generasi ke-tiga mulai dikembangkannya teknologi IC Chip yang berevolusi sebagai Microprocessor yang masih digunakan hingga saat ini.

a. Generasi Pertama Komputer yaitu pada tahun (1941-1952).

    Pada awal masa dimana komputer ditemukan, tujuan utama dari komputer adalah untuk membantu proses perhitungan, kemudian komputer mulai dengan program dan diterapkan pada beberapa tujuan, salah satunya untuk perhitungan matematis untuk tujuan perang. Terjadi persaingan antar negara yang terlibat dalam Perang Dunia 2 dimasa awal generasi komputer pertama. Tabung hampa udara yang ditemukan memiliki fungsi untuk penguat sinyal, dimana ini adalah komponen khas dari komputer generasi pertama.

Gambar 1.1 Tabung Hampa Udara


    Pada tahun 1946 ditambahkan komponen-komponen dan akhimya komputer yang ada berukuran besar, memiliki berat yang luar biasa dan pastinya memiliki harga yang mahal. Komputer tersebut adalah ENIAC yang di dalamnya memiliki 18.800 tabung hampa udara dan memiliki bobot 30 ton. Karena memiliki ukuran yang sangat besar dan sangat berat sampai-sampai komputer ini memiliki ruangan kelas Tersendiri.

Gambar 1.2 komputer generasi pertama eniac

    Generasi komputer pertama berdasarkan informasi yang diperolah memiliki ciri-ciri, sebegal berikut:

1) Instruksi yang ditulis ditujukan khusus untuk mengerjakan suatu tugas atau fungsi yang spesifik saja. 2) Bentuk komputer generasi pertama sangatlah besar dan memerlukan ruangan yang sangat luas karena menggunakan vacuum tube (tube vakum) dan magnet bentuk silinder (silinder magnetic).
3) Proses komputasi masih sangat rendah dan boros listrik.
4) Pada generasi komputer pertama ini hanya beberapa orang yang dapat mengoperasikannya, dikarenakan kode mesin yang rumit.
5) Belum adanya bahasa pemrograman dan sistem operasi.

b. Generasi Kedua Komputer yaitu pada tahun (1952-1956-1958)

Pada komputer generasi kedua, bentuk dari komputer sudah memiliki bentuk agak lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Ciri khas komputer generasi kedua adalah ditemukannya Transistor (transfer resistor). Transistor memiliki tiga lapis bahan baku yang terdiri dari basic, collector dan emmiter. Transistor mempunyai arti suatu alat yang mampu menguatkan, alat yang bisa dijadikan sebagai penyambung serta pemutus arus, alat yang dapat menstabilkan tegangan dan sebagai alat merubah sinyal. Komputer yang sudah menggunakan teknologi ini adalah jenis dari Super Komputer. Pada komputer generasi kedua energi yang digunakan relatif hemat, bisa lebih diandalkan, dan kecepatannya relatif lebih cepat dilihat dari performa dan proses komputasinya. Hal yang membuat komputer generasi kedua ini menarik adalah sudah digunakannya bahasa pemrograman yaitu COBOL (Common Business Oriented Language) dan FORTRAN (Formula Translator).

Gambar 1.3 Komputer Generasi ke 2


c. Generasi Ketiga Komputer yaitu pada tahun (1958-1970)

    Pada komputer generasi ketiga ini, secuil silicium adalah salah satu penemuan pada masa ini yang memiliki bentuk ukuran hanya beberapa milimeter, yang lebih dikenal sebagai IC-Chip (Integrated Circuit). IC-Chip mulai digunakan dari komputer di generasi ketiga. IC di dalam sejarah komputer memiliki peranan sangat besar. IC dapat meminimalkan panas yang dihasilkan oleh komputer, mampu mengintegrasikan komponen ke dalam satu chip, yang membuat ukuran sebuah komputer semakin kecil dan cenderung tidak cepat panas. Pada komputer generasi ketiga ini sistem komputer yang digunakan mulal mampu untuk menjalankan beberapa tugas sekaligus atau multi tasking. 

    Cincin magnetic yang memagnetisasi secara berlawanan atau satu arah, dengan men-sinyalkan kondisi sebagai "ON" atau "OFF" lalu diimplementasikan menjadi konsep 0 dan 1 bilangan biner. Setiap memori memiliki 924 cincin magnetic yang pada setiap bitnya terdapat jutaan bit Informasi yang berada pada satu chip tunggal yang ukuran sangat kecil. Contohnya seperti IBM S-360 pada komputer pertama yang mempergunakan IC dan pada tahun 1964 dipublikasikan seperti pada gambar berikut:
Gambar 1.4 Cicin Magnetik

Gambar 1.5 Komputer IBM S-360 Generasi ke-3

d. Generasi Keempat Komputer yaitu pada tahun (1970-1980)

    Yang menjadi ciri khas pada generasi keempat adalah Microprocessor dimana terdapat pemadatan ribuan IC pada sebuah Chip. Pada generasi ini harga yang ditawarkan semakin murah dikarenakan ukuran yang akan semakin mengecil dan memiliki kemampuan yang semakin meningkat. Microprocessor adalah awal mulanya kelahiran komputer personal. Intel Corp pada tahun 1971, dengan Microprocessor pertamanya serie 4004.

  

Gambar 1.6 Komputer Generasi Ke-4

e. Generasi Kelima-Sekarang (1980-saat ini)

    Munculnya generasi kelima yaitu dengan datangannya: LSI (Large Scale Integration) dimana ini dilakukan dengan cara pemadatan ribuan Microprocessor yang dimasukan pada sebuah Microprocesor. Munculnya semiconductor dan microprocessor juga merupakan ciri khas pada generasi ini. Dimana perusahaan seperti Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya sedang membuat Microprocessor. Banyak kita temui Microprocessor buatan Intel dengan model 4004, Pentium dsb.

Gambar 1.7 Pentium 4



    

f. Generasi Keenam Komputer (Masa Depan)

    Perkembangan komputer pada era generasi ini disebut sebagai komputer masa depan. Para penggiat teknologi atau para peneliti banyak memiliki ide hingga memiliki implan-impian begitu pula dengan para pengguna yang ingin melihat atau membuat komputer lebih canggih untuk masa depan guna dapat membantu manusia dalam mengerjakan aktifitas serta kegiatan sehari-hari. 

    Hal yang didukung oleh komputer masa depan adalah komputer dengan kemampuan untuk yang dapat meminimalisir proses menggunakan baris program atau dikenal dengan programless. Ciri-ciri komputer generasi keenam secara umum yaitu memiliki bentuk yang lebih beragam, tingkat kecerdasaannya menyerupal manusia, lebih canggih, dan mampu melakukan proses prediksi yang akan terjadi dan masih banyak kecanggihan lainnya dimana kecanggihan tersebut lebih mutakhir dari teknologi-teknologi saat ini.

3. Penggolongan Komputer

Komputer dapat digolongkan berdasarkan:

a. Processor

Jenis komputer berdasarkan prosesomnya digolongkan menjadi tiga, yaitu Mainframe, Minicomputer dan Personal Computer (PC). Pada penggolongan ini dengan berjalannya waktu mungkin akan semakin meredup dan bahkan bisa hilang, dikarenakan pada komputer jenis Mainframe dan Minicomputer mengalami perkembangan yang jauh dibawah Personal Computer (PC), sementara Personal Computer (PC) terus-menerus berkembang dengan pesatnya. (Rosdiana, 2016).


1) Mainframe
Mainframe merupakan komputer yang memiliki prosesor dengan kemampuan yang sangat besar, dikarenakan komputer jenis ini ditunjukan untuk banyak pemakai. Komputer mainframe memiliki CPU disatu mesin, memiliki perangkat penyimpanan, komunikasi disatu mesin tersendiri yang dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari monitor dan keyboard saja. Komputer mainframe biasa digunakan di perusahaan yang bersekala besar, contohnya adalah kantor pusat penerbangan nasional.



2) Minicomputer
Minicomputer merupakan sisi mini dari komputer mainframe. Jika pada mainframe dapat memiliki terminal yang jumlahnya ribuan maka mini hanya dapat sampai puluhan atau ratusan. Komputer jenis ini tentunya sekarang jarang dipergunakan, dikarenakan PC lebih flexible dan perkembangannya pesat dengan adanya teknologi Local Area Network (LAN).


3) Personal Computer (PC)
Personal Computer (PC) merupakan komputer diperuntukan hanya satu pemakai dengan satu pemakai program aplikasi. Perangkatnya yang simpel dan dapat diringkas ke dalam satu mesin saja. Komputer ini mempunyai keyboard, monitor, dan CPU.


b. Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik Komputer

tak hanya dapat digolongkan dari kemampuannya saja tapi juga dari bentuk dan ukuran, berikut jenis komputer berdasarkan bentuk dan ukurannya: 

1) Tower

Personal Computer (PC) merupakan komputer diperuntukan hanya satu pemakai dengan satu pemakai program aplikasi. Perangkatnya yang simpel dan dapat diringkas ke dalam satu mesin saja. Komputer ini mempunyai keyboard, monitor, dan CPU.

Gambar 1.8 Bentuk Tower

2) Desktop

Personal Computer (PC) merupakan komputer diperuntukan hanya satu pemakai dengan satu pemakai program aplikasi. Perangkatnya yang simpel dan dapat diringkas ke dalam satu mesin saja. Komputer ini mempunyai keyboard, monitor, dan CPU.

Gambar 1.9 Personal Komputer (PC) 

3) Portable 

Komputer jenis Portable memiliki ukuran lebih kecil dari jenis komputer desktop, hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya bagian yang dirangkai menjadi satu kotak saja.
Gambar 1.10 Portable

4) Notebook

Komputer jenis ini besamya hanya seukuran buku saja. Ukuran komputer Notebook hanya sebesar kertas kuarto, yaitu 8½ x 11 inch, tebalnya berkisar 1 inch sampai 1½ inch dan memiliki berat antara 4 kg sampai 6 kg.

Gambar 1.11 Notebook


5) Subnotebook

Jenis komputer ini memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer Notebook dikarenakan adanya komponen pada perangkat yang tidak dipasang, contohnya seperti Diskdrive.
Gambar 1.12 SubNotebook

6) Palmtop

Palmtop atau disebut juga komputer dalam genggaman, hal ini karena ukuran komputer tersebut yang sangat kecil. 
Gambar 1.13 Palmtop


c. Komputer Berdasarkan Jenis Data yang Diolah

Komputer berdasarkan dari jenis data yang diolah dibedakan menjadi 3 bagian yaitu:

1) Komputer Analog

Data kualitatif biasanya diolah menggunakan komputer jenis ini, dimana komputer dapat bekerja secara berkelanjutan dan paralel, dan tidak perlu adanya bahasa perantara. komputer jenis analog ini lebih unggul kecepatannya dibandingkan dengan komputer digital. Kekurangan dari komputer jenis ini adalah terletak pada faktor keakuratannya, komputer digital lebih akurat dibandingkan dengan komputer analog.



Gambar 1.14 Komputer Analog

2) Komputer Digital

Data kuantitatif biasanya diolah menggunakan jenis komputer ini, contohnya seperti angka, huruf, kombinasi angka dan huruf, karakter- karakter khusus dan tentunya membutuhkan bahasa perantara. Contohnya komputer PC, dan lain-lain.
Gambar 1.15 Komputer Digital

3) Komputer Hybrid 

Komputer jenis ini adalah gabungan dari komputer analog dengan komputer digital. Di dalam aplikasi yang khusus dibutuhan suatu komputer yang mampu menyelesaikan permasalah lebih cepat dari komputer analog dan lebih tepat dari komputer digital. Contohnya Facsimile.


Gambar 1.16 Komputer Hybrid


d. Komputer Berdasarkan Penggunaannya

        Jenis komputer berdasarkan penggunaanya adalah sebagai berikut:


1) General Purpose Computer

Masalah bisnis serta masalah lainnya cocok akan mudah dipecahkan dengan menggunakan komputer jenis ini. Selain itu, untuk komputer pribadi sangat bagus menggunakan jenis general purpose computer.

2) Special Purpose Computer

Masalah yang dipecahkan oleh komputer ini biasanya adalah masalah yang memiliki spesifik khusus. Tidak semua masalah bisa dipecahkan. Suatu program untuk proses tertentu dimasukkan ke dalam komputer.

SOAL LATIHAN !!!!!

1. Jelaskan definisi komputer menurut anda? 
2. Jelaskan penggolongan komputer menurut ukurannya? 
3. Jelaskan komputer menurut penggunaannya? 
4. Jelaskan apa yang dimaksud software, hardware dan brainware? 
5. Berilah contoh komputer masa depan, dan fungsinya

Jawab :

  1. Menurut saya, komputer adalah perangkat elektronik yang dapat diprogram untuk melakukan berbagai tugas dengan cepat dan efisien. Komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang bekerja bersama untuk menjalankan instruksi dan mengolah data.
  2. Komputer dapat digolongkan berdasarkan ukurannya menjadi tiga kategori utama: komputer besar (mainframe), komputer menengah (minicomputer), dan komputer kecil (personal computer atau PC). Komputer besar digunakan untuk tugas yang memerlukan kecepatan dan kapasitas pemrosesan yang besar, seperti di industri atau organisasi besar. Komputer menengah biasanya digunakan di perusahaan kecil atau menengah untuk tugas seperti pengelolaan basis data. Sedangkan PC digunakan untuk keperluan umum di rumah, kantor, atau institusi pendidikan.
  3. Komputer juga dapat digolongkan berdasarkan penggunaannya, antara lain:
  • Komputer pribadi (personal computer) digunakan untuk keperluan umum seperti pengolahan kata, surat menyurat, atau akses internet.
  • Komputer server digunakan sebagai pusat pengelolaan data dalam suatu organisasi atau jaringan.
  • Komputer jaringan (network computer) digunakan untuk mengakses informasi dan aplikasi yang disimpan di server jaringan.
  • Komputer industri digunakan dalam lingkungan industri untuk mengontrol mesin-mesin dan peralatan.
  • Komputer gaming digunakan untuk bermain game dan memiliki spesifikasi khusus untuk menangani grafik yang rumit dan tugas pemrosesan lainnya.
  1. Software adalah program yang berjalan di dalam komputer dan mengontrol berbagai tugas, seperti sistem operasi, aplikasi, dan game. Hardware adalah semua perangkat fisik yang membentuk komputer, seperti keyboard, mouse, monitor, dan CPU. Brainware atau pengguna komputer adalah orang yang menggunakan dan mengoperasikan komputer untuk melakukan tugas tertentu.
  2. Salah satu contoh komputer masa depan adalah quantum computer, yang menggunakan prinsip mekanika kuantum untuk melakukan pemrosesan data yang jauh lebih cepat dan kompleks daripada komputer konvensional saat ini. Quantum computer memiliki potensi untuk digunakan dalam penelitian ilmiah, pengembangan obat-obatan baru, dan keamanan siber yang lebih kuat. Sebagai contoh, quantum computer dapat digunakan untuk menemukan faktor dari angka besar, yang saat ini sulit untuk dipecahkan dengan komputer konvensional, dan dapat digunakan untuk mengembangkan enkripsi yang lebih kuat dalam pengiriman data.

Ahmad Wahyu Tiaro Syaoqi

Mahasiswa Universitas Pamulang / 03 TPLP 032 / 221011401901

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama